Untuk Usaha Kecil Menengah

Bahan Bacaan


Klik Gambar

Jenis - Jenis Iklan dalam Periklanan

Bermacam-macamnya tujuan periklanan sebuah produk yang dibuat oleh perusahaan maka berdampak pada berbedanya jenis-jenis dari sebuah iklan. Iklan yang sering muncul diberbagai media advertising dan umumnya dibuat oleh advertising agency adalah sebagai berikut :

1. Iklan Komersial
Iklan komersial adalah bentuk periklanan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, terutama peningkatan penjualan, baik barang, jasa maupun gagasan.

Iklan komersial ini sendiri terbagi menjadi beberapa macam, yaitu :

Iklan Strategis
Teknik periklanan ini digunakan untuk membangun merek. Hal itu dilakukan dengan mengkomunikasikan nilai merek dan manfaat produk. Perhatian utama dalam jangka panjang adalah memposisikan merek serta membangun pangsa pikiran dan pangsa pasar. Iklan ini mengundang konsumen untuk menikmati hubungan dengan merek serta meyakinkan bahwa merek ini ada bagi para pengguna.

Iklan Taktis
Memiliki tujuan yang mendesak. Periklanan ini dirancang untuk mendorong konsumen agar segera melakukan kontak dengan merek tertentu. Pada umumnya iklan ini memberikan penawaran khusus jangka pendek yang memacu konsumen memberikan respon pada hari yang sama.

2. Iklan Corporate
Periklanan yang bertujuan membangun citra suatu perusahaan yang pada akhirnya diharapkan juga membangun citra positif produk-produk atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan tersebut.

Iklan Corporate akan efektif bila didukung oleh fakta yang kuat dan relevan dengan masyarakat, mempunyai nilai berita dan biasanya selalu dikaitkan dengan kegiatan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat. Iklan Corporate merupakan bentuk lain dari iklan strategis ketika sebuah perusahaan melakukan kampanye untuk mengkomunikasikan nilai-nilai korporatnya kepada publik.

Iklan Corporate sering kali berbicara tentang nilai-nilai warisan perusahaan, komitmen perusahaan kepada pengawasan mutu, peluncuran merek dagang atau logo perusahaan yang baru atau mengkomunikasikan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

3. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan Layanan Masyarakat merupakan bagian dari kampanye pemasaran sosial yang bertujuan menjual gagasan atau ide untuk kepentingan atau pelayanan masyarakat. Gagasan atau ide tersebut merupakan pesan sosial yang membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi, yakni kondisi yang berhubungan dengan kehidupan mereka secara umum. Pesan sosial tersebut dengan kata lain bermaksud memberikan gambaran tentang peristiwa dan kejadian yang akan berakibat pada suatu keadaan tertentu, baik yang bersifat positif maupun negatif.

Iklan layanan masyarakat tidak hanya disponsori oleh lembaga pemerintah dan organisasi non profit, tetapi juga perusahaan komersil. Bagi perusahaan komersil. Iklan Layanan Masyarakat biasanya dikeluarkan atau dibuat oleh perusahaan melalui advertising agency berdasarkan adanya sebuah fenomena yang tengah terjadi di masyarakat atau berdasarkan momentum hari-hari besar nasional yang oleh masyarakat banyak dianggap istimewa. Fenomena dan momentum inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk menjual ide dan gagasan yang sifatnya membangun persepsi positif masyarakat terhadap citra perusahaan, sekaligus membangun empati sebagai tanggungjawab sosial dalam masyarakat.

Zaki ( http://zaki-adverthink.blogspot.com/ )



Rekomendasi Bacaan :

Kasali, Renald (1992) Manajemen Periklanan
Lwin, May and Jim Aitchison (2005). Clueless in Advertising,
Madjadikara, Agus S (2004). Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan ?
Widyatama, Rendra (2005). Pengantar Periklanan.

Share di Sosmed

No comments:

Arsip

Pembaca

Powered By Blogger
Copyright © Pemasaran dan Periklanan. Template CB